Kamis, 16 Juni 2011

Lensa Kontak Lady Gaga Berbahaya

Trend ​pemakaian lensa kontak warna-warni semakin diminati saja setelah Lady GaGa juga mengenakannya. Namun, jangan keburu nafsu mengikuti langkah popstar itu karena ahli mata memperingatkan penggunaan lensa kontak berwarna memiliki potensi merusak mata.

Lensa kontak berwarna menarik dan membuat mata Lady Gaga tampak lebih besar, terutama dalam videoklip Bad Romance, membuat banyak remaja di dunia tertarik untuk turut mengikuti jejak langkah ikon pop masa kini tersebut. Efek mata besar terjadi karena lensa kontak turut menutupi bagian sklera yakni bagian putih mata. Para ahli mata pun memperingatkan hal itu bisa menyebabkan alergi, luka, infeksi, dan risiko kebutaan.

Sekarang, lensa kontak dijual dengan berbagai variasi warna yang menarik seperti pink cerah atau merah. Harganya pun tak mahal di optik-optik terdekat, berkisar Rp 50 ribu - Rp 200 ribu. Dan, mereka bisa dibeli tanpa adanya resep dokter ataupun pemeriksaan mata terlebih dahulu. Tak heran banyak remaja putri yang tertarik menggunakannya supaya mata mereka tampak lebih besar seperti karakter dalam anime.

Di sisi lain, James Salz, profesor ahli mata dari Universitas Southern California berkata,"Ada risiko bagi mata bila lensa kontak dipergunakan dengan cara yang kurang tepat." Salz menambahkan, "Para remaja kini bisa dengan sangat mudah membeli lensa kontak. Mereka membelinya seperti halnya membeli aksesori seperti gelang dan pita. Padahal setiap mata memiliki jenis yang berbeda-beda, ukuran kornea pun berbeda-beda."

Melanie Pickett, ahli optalmologi klinis di Universitas Indiana memperingatkan bila ukuran lensa terlalu besar untuk mata bisa mengurangi jumlah oksigen yang masuk melalui mata. Bila sudah begitu, bisa terjadi gangguan pada pembuluh darah pada mata dan menyebabkan gangguan penglihatan permanen. "Jika tidak pas pada mata, bisa menyebabkan komplikasi seperti pertumbuhan pembuluh darah abnormal dalam kornea," tambahnya.

(berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar